Jumat, 01 Maret 2013

Sebuah Motto Penyemangat Jalan Hidupku dan Semoga Anda Juga


Pada hari ini, saya ingin bercerita mengenai motto yang saya pegang selama ini. Yaa motto.. salah satu yang wajib disebutkan ketika kita memperkenalkan diri semasa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dahulu. Dahulu semasa masih smp, model perkenalan dengan menyebutkan motto masih sangat trend, mungkin itu peninggalan warisan zaman guru-guru SMP kita dulu sehingga sewaktu memperkenalkan diri di depan teman-teman sekelas dulu, guru SMP kita meminta kita menyebutkan motto hidup kita..hehe J
           
Waktu semasa SMP dulu, sebenarnya saya belum memegang sebuah motto, cuma sekadar ikut-ikutan menyebutkan quote-quote atau kata-kata mutiara para ilmuan atau seniman yang banyak tertera di buku-buku bacaan kita terdahulu. Tapi, semenjak saya beranjak masuk kuliah, saya mendapatkan sebuah motto yang bisa memotivasi saya kapanpun dan dimanapun saya berada. Motto tersebut saya dapatkan dari abang saya, ketika saya liburan di Yogyakarta..  

Motto tersebut berbunyi sebagai berikut :   


“Jika Hari Ini Saya Tidak Dapat Menggenggam Bumi, Saya Harus Pastikan Besok Saya Menggenggam Matahari Sehingga Bumi Akan Bertekuk Lutut Untuk Meminta Secercah Cahaya Pada Saya. “ - Joy -       


Motto tersebut cukup membangun semangat serta kepercayaan diriku, terkadang ada sesuatu yang kita butuhkan tapi tidak tahu kemana kita mencarinya, walaupun waktu itu saya cukup termotivasi dengan buku-buku bacaan serta mimpi-mimpi yang telah saya torehkan dalam buku impian saya, tapi ada satu hal yang saya butuhkan kala itu, yaitu motivasi atau dorongan semangat dari keluarga, dimana pada saat itu saya dapatkan pencerahan dari abang saya. Yaa, motto tersebut diberikan oleh abang saya dan membuat semangat hidup serta pandangan saya di masa yang akan datang sedikit berubah menjadi lebih baik.

Motto tersebut memiliki arti yang sangat dalam, yang sangat memotivasi saya dan mungkin juga Anda, para pembaca. Yaitu ketika hari ini (SEKARANG) Anda bukanlah siapa-siapa di lingkungan sekitar Anda, bahkan Anda terkucilkan, maka Anda harus berjanji pada diri Anda bahwa esok Anda harus menjadi jauh lebih baik dari orang-orang di sekitar Anda, jauh lebih baik dari orang-orang yang pernah meremehkan bahkan mengkucilkan Anda sehingga orang-orang tersebut akan belajar cara menghargai orang lain. Pada intinya arti dari motto tersebut adalah Jangan Berputus Asa!!!          

Motto tersebut juga dapat digunakan dalam artian sempit, kegiatan sehari-hari, semisal seorang mahasiswa yang mendapatkan IP yang rendah semester ini, ia harus berjanji pada dirinya agar semester depan ia harus mendapatkan IP 4,0. Ia cukup menjalankan motto ini sehingga dia tidak langsung berputus asa, karena memiliki pandangan positive di masa yang akan datang, pandangan tersebutlah yang akan mempengaruhi gairah hidup mahasiswa tersebut dalam menuntut ilmu di kampusnya. Itu hanyalah salah satu contoh, anda dapat menggunakan motto tersebut di seluruh aspek kehidupan anda. Selamat mencoba, don’t give up..
J    





3 komentar:

  1. nama saya fikri khairul anas mahasiswa UPI jurusan pendidikan IPS, saya sangat tertarik dengan tulisan-tulisan anda, terutama tulisan anda yang berjudul "Sebuah Motto Penyemangat Jalan Hidupku dan Semoga Anda Juga" karena dalam tulisan tersebut anda menceritakan bagaimana makna dari sebuah motto hidup, moto hidup bukan hanya sekedar sebuah kata yang terucap ketika perkenalan di depan kelas, tetapi moto hidup menjadi sebuah tolak ukur dan penyemangat dalam menggapai cita-cita anda

    BalasHapus
  2. nama saya fikri khairul anas mahasiswa UPI jurusan pendidikan IPS, saya sangat tertarik dengan tulisan-tulisan anda, terutama tulisan anda yang berjudul "Sebuah Motto Penyemangat Jalan Hidupku dan Semoga Anda Juga" karena dalam tulisan tersebut anda menceritakan bagaimana makna dari sebuah motto hidup, moto hidup bukan hanya sekedar sebuah kata yang terucap ketika perkenalan di depan kelas, tetapi moto hidup menjadi sebuah tolak ukur dan penyemangat dalam menggapai cita-cita anda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas kunjungannya.

      Iya memang benar, setiap orang pasti memiliki motto.. begitu juga Anda, Anda harus mempunyai sebuah motto sbg penyemangat Anda..

      Hapus